Penerapan Teknologi Augmented Reality pada Game Pengenalan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Berbasis Mobile
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstract
Pemahaman mengenai penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya, merupakan salah satu dari sub tema dalam Ilmu Pengetahuan Alam, Selain itu pembelajaran tersebut sangat dekat kaitannya dengan lingkungan hidup keseharian. Dalam kegiatan belajar di sekolah pemahaman mengenai penggolongan tersebut disampaikan melalui pendekatan kooperatif seperti presentasi, kegiatan kelompok dan tes dari pemahaman konsep. Dengan dilakukannya metode penyampaian tersebut dapat meningkatkan pemahaman siswa di sekolah, namun jika untuk memahaminya sendiri di luar kegiatan mengajar dengan membaca buku, akan mengurangi minat siswa dalam mempelajarinya. Dengan adanya alternatif berbeda berupa game edukasi, dapat membantu dalam mendukung proses memahami ilmu penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya jika dilakukan diluar kegiatan mengajar. Dengan adanya game edukasi ini, secara tidak langsung dapat membuat pengguna bermain sambil belajar. Ditambah dengan penerapan teknologi augmented reality pada fitur belajar yang dapat meningkatkan minat pengguna dalam mempelajari, serta untuk penerapan pembelajaran berupa permainan yang interaktif.